jual/beli gamelan baru/second

selamat datang di situs jual/beli gamelan.

Monday, December 24, 2012

Gamelan Jawa

MENJUAL DAN MENERIMA PESANAN GAMELAN PERUNGGU, BESI,DAN KUNINGAN
butuh gamelan jawa slendro pelog?
* bahan besi, kuningan / perunggu
call/wa
087734999778
FAST RESPON


Kami melayani pembuatan gamelan jawa laras slendro-pelog, dengan beberapa  pilihan :
  • Gamelan Perunggu
  • Gamelan Kuningan 
  • Gamelan Besi

Yang terdiri dari beberapa ricikan gamelan yaitu :  

Bonang merupakan instrumen pendukung penting pada Gamelan jawa. Di Jawa Tengah Gamelan Bonang mempunyai tiga type:
- Bonang Panerus. Umumnya melingkupi dua oktaf ( kadang2 lebih ke Slendro pada alat musik Gaya Solo).
- Bonang Barung. Adalah satu oktaf di bawah Bonang Panerus dan umunya meliputi dua oktaf, kira-kira sama dengan Demung dan saron yang dikombinasikan.

  http://www.southbankcentre.co.uk/sites/default/files/images/saron.gif
Alat ini  berbentuk bilahan dengan enam atau tujuh bilah (satu oktaf ) ditumpangkan pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator. Instrumen ini ditabuh dengan tabuh dibuat dari kayu. Menurut ukuran dan fungsinya, terdapat tiga jenis saran:
  •  DEMUNG
Alat ini berukuran besar dan beroktaf tengah.
Demung memainkan balungan gendhing dalam wilayahnya yang terbatas.Umumnya, satu perangkat gamelan mempunyai satu atau dua demung.Tetapi ada gamelan di kraton yang mempunyai lebih dari dua demung.
  • SARON
Alat ini berukuran sedang dan beroktaf tinggi.
Seperti demung, saron barung memainkan balungan dalam wilayahnya yang terbatas.
Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, dua saron memainkan lagu jalin menjalin yang bertempo cepat. Seperangkat gamelan mempunyai dua saron, tetapi ada gamelan yang mempunyai lebih dan dua saron.
  • PEKING
Berbentuk saron yang paling kecil dan beroktaf paling tinggi.
Saron panerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmIpQdffx-EwjhFZ7_4JOQ8JwThPYxiIGX7pItOYD2kfAvD-aA9KXR0bbzd4wHedNj22jsJB0azxu1AB6qmrnHVCA4O6t6TPNYQuyi7F8s53IF6Q9glIlMUSGYJ_HJFnIPNwZgcvw1Fep4/s320/kenong_kethuk.jpg
Kethuk dan Kenong merupakan satu set instrumen jenis mirip gong berposisi horisontal, ditumpangkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu. Dalam memberi batasan struktur suatu gendhing, kenong adalah instrumen kedua yang paling penting setelah gong.
Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat kalimat kenong.
Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur gendhing, nada-nada kenong juga berhubungan dengan lagu gendhing;
ia bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan;
ia boleh juga mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alun lagu gendhing; atau ia dapat memainkan nada berjarak satu kempyung dengan nada balungan, untuk mendukung rasa pathet.
Pada kenongan bergaya cepat, dalam ayaka yakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut.
Kethuk sama dengan kenong, fungsinya juga sama dengan kenong. Kethuk dan kenong selalu bermain jalin-menjalin, perbedaannya pada irama bermainnya saja.


Slenthem merupakan salah satu instrumen gamelan yang terdiri dari lembaran lebar logam tipis yang diuntai dengan tali dan direntangkan di atas tabung-tabung dan menghasilkan dengungan rendah atau gema yang mengikuti nada saron, ricik, dan balungan bila ditabuh.
Menurut konstruksinya, slenthem termasuk keluarga gender; malahan kadang-kadang ia dinamakan gender panembung. Tetapi slenthem mempunyai bilah sebanyak bilah saron;
Slenthem beroktaf paling rendah dalam kelompok instrumen saron. Seperti demung dan saron barung, slenthem memainkan lagu balungan dalam wilayahnya yang terbatas.

Page image
Gender  merupakan salah satu instrumen gamelan yang terdiri dari lembaran lebar logam tipis yang diuntai dengan tali dan direntangkan di atas tabung-tabung yang berbentuk mirip slenthem.
Instrumen terdiri dari bilah-bilah metal ditegangkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator.
Gender ini dimainkan dengan tabuh berbentuk bulat (dilingkari lapisan kain) dengan tangkai pendek.
Sesuai dengan fungsi lagu, wilayah nada, dan ukurannya, ada dua macam gender:
- gender barung dan
- gender panerus.


Gong merupakan instrumen yang digantung, berposisi vertikal. Bentuk gong bulat dan berukuran besar atau sedang. Di tengahnya terdapat bos pusat atau tonjolan, yang biasa ditabuh di bagian tengah-tengah bos pusatnya itu, dengan tabuh bundar berlapis kain.

Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Apabila nadanya masih belum sesuai, gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis.
Gong menandai permulaan dan akhiran gendhing dan memberi rasa keseimbangan setelah berlalunya kalimat lagu gendhing yang panjang.
Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu, sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan.
Kempul menandai aksen-aksen penting dalam kalimat lagu gendhing.
Dalam hubungannya dengan lagu gendhing, kempul bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; kadang-kadang kempul mendahului nada balungan berikutnya.
Ada dua macam gong:
- gong ageng (besar) dan
- gong suwukan atau gong siyem yang berukuran sedang.
Gong terbuat dari perunggu berbentuk bulat berongga dengan pencon (benjolan) di tengah. Gong ditata dengan cara digantung pada rancakan/ gayor. Ukuran suwukan / siyem lebih kecil dari gong, namun lebih besar dari kempul. Seperangkat gamelan  minimal terdapat dua buah suwukan. Suwukan bernada 2 dan 1 slendro. Kempul terbuat dari perunggu berbentuk bulat berongga dengan pencon (benjolan) di tengah. Kempul ditata dengan cara digantung pada rancakan / gayor. Ukuran kempul lebih kecil dari gong dan  suwukan.
  
Page image
Gambang adalah jenis instrument gamelan berupa bilah persegi panjang yang terbuat dari kayu ditata berderet yang dibingkai pada gerobongan yang juga berfungsi sebagai resonator.
Pada seperangkat instrumen gamelan yang lengkap terdapat 3 buah gambang, yakni gambang slendro, gambang pelog bem, dan gambang pelog barang. Namun tidak sedikit yang terdiri hanya dua buah instrumen saja. Pada gambang pelog, nada 1 dan 7 dapat disesuaikan dengan gendhing yang akan dimainkan. Sebagai contoh, apabila akan memainkan gendhing pelog barang (7), maka tidak menggunakan nada satu (1).


Rebab adalah jenis instrument terbuat dari kayu nangka, dilapisi membran dari kulit hewan, dilengkapi dengan dua buah dawai. Rebab merupakan instrumen kawat gesek dengan 2 kawat yang ditegangkan pada selajur kayu dengan badan bentuk hati. Badan yang berbentuk hati itu terbuat dari tempurung kelapa. Yang kemudian ditutup dengan membran (kulit tipis) dari babad sapi.

Cara membunyikan rebab dengan cara digesek dengan alat yang disebut kosok. Rebab berfungsi untuk mengiringi vokal yang dibawakan oleh ki dalang. Sebagai salah satu dari instrumen pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuhan lirih.

Pada kebanyakan gendhing-gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan.
Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing.
Pada kebanyakan gendhing, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari seksi yang satu ke yang lain.


Siter adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa yang terbuat dari kayu berbentuk kotak berongga yang berdawai. Pada umumnya siter mempunyai dua belas nada, yaitu dari kiri ke kanan: 2, 3,5,6,1,2,3,5,6,1,2,3. (contoh untuk siter slendro). Ciri khasnya satu senar disetel nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro. Umumnya sitar memiliki panjang sekitar 30 cm dan dimasukkan dalam sebuah kotak ketika dimainkan.
Siter merupakan bagian ricikan gamelan yang sumber bunyinya adalah string (kawat) yang teknik menabuhnya dengan cara di petik. Jenis instrumen ini di lihat dari bentuk dan warna bunyinya ada tiga macam, yaitu siter, siter penerus (ukurannya lebih kecil dari pada siter), dan clempung (ukurannya lebih besar dari pada siter). Dalam sajian karawitan klenengan atau konser dan iringan wayang fungsi siter sebagai pangrengga lagu.
Dalam permainannya Siter dimainkan dengan petikan oleh ibu jari kiri dan kanan. Alat ini juga memainkan melodi tersendiri. Siter dibuat dengan dua sisi, yaitu sisi atas dan sisi bawah.

alat_musik_tradisional-kendang
Kendang, kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Sebenarnya gendang itu di bagi atas ukuranya menjadi tiga, yaitu: kendang yang paling kecil namanya kendang ketipung, yang menengah namanya kendang Ciblon atau bisa di sebut juga kendang Kebar dan kendang yang paling besar bernama kendang Gedhe atau nama lainnya kendang kalih. Dari ketiga kendang di atas kendang Gede lah yang di gunakan dalam instrumen Gamelan. Hal ini di sebabkan karana kendang gedhe atau kendang kalih sangat halus nada yang dihasilkan dan sangat cocok untuk karakter gamelan jawa yang nadanya lemah lembut dan nikmat sekali untuk di dengar telinga. sampai lupa saya, ada satu lagi jenis kendang yaitu biasanya di gunakan untuk kesenian wayang dan sangat khas yaitu bernama kendhang Kosek.


Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Instrumen Suling berupa potongan bambu yang pendek dan di tubuhnya terdapat lubang-lubang sebagai penentu nada atau laras yang dapat menghasilkan suara jika ditutup salah satunya secara bergantian sambil ditiup di bagian ujungnya.

Di dalam tradisi karawitan, suling ada dua jenis, yaitu bentuk suling yang berlaras Slendro memiliki lubang empat yang hampir sama jaraknya, sedangkan yang berlaras Pelog dengan lubang lima dengan jarak yang berbeda. Ada pula suling dengan lubang berjumlah enam yang bisa digunakan untuk laras Pelog dan Slendro.

Kami juga melayani pembelian atau pemesanan per ricikan, perbagian..

 UNTUK MENGETAHUI HARGA SILAHKAN MENGHUBUNGI NOMOR YANG TERTERA DIBAWAH dan NEGO

  • butuh gamelan jawa slendro pelog?
    * bahan besi, kuningan / perunggu
    call
    087734999778
    FAST RESPON


     
    keyword : jual gamelan jawa, jual gamelan bali, jual gamelan rindik, jual gamelan ball, jual gamelan jawa kuno, jual gamelan kecil, jual gamelan antik, jual gamelan jakarta, jual gamelan di jakarta, jual gamelan kuno, jual gamelan set, jual gamelan yogyakarta, jual gamelan bekas, jual gamelan murah, jual gamelan jogja, jual gamelan sunda, jual gamelan perunggu, jual gamelan mini, jual gamelan besi, jual gamelan di surabaya, jual gamelan anak, harga gamelan antik, jual alat gamelan, jual alat gamelan jawa, jual alat gamelan sunda, jual gamelan perunggu asli sangat murah, harga alat gamelan, harga alat gamelan sunda, harga alat gamelan jawa, jual beli alat gamelan, jual gamelan bekas murah, jual gamelan bandung, jual gamelan berniaga, jual rumah jalan gamelan bandung, jual beli gamelan, jual beli gamelan jawa, jual beli gamelan perunggu, jual beli gamelan jaranan, harga gamelan bekas, harga gamelan besi, harga gamelan besi 1 set, harga gamelan baleganjur, harga gamelan ball, harga gamelan bonang, jual gamelan jawa bekas, jual gamelan sunda bandung, jual cd gamelan, harga gamelan campursari, jual gamelan di jogja, jual gamelan di solo, jual gamelan degung, jual gong gamelan di jakarta, gamelan jawa dijual, harga gamelan degung sunda, harga gamelan demung, harga gamelan di solo, harga gamelan di jogja, harga gamelan di yogyakarta, harga gamelan di surabaya, tempat jual gamelan di jakarta, gamelan di jual, jual gamelan bali di bali, harga gamelan eceran, jual gamelan gong, harga gamelan gender wayang, harga gamelan gender, harga gamelan gender bali, harga gamelan gangsa, harga gamelan gong, harga gamelan gambang, harga gamelan gong bali, harga jual gamelan, jual gamelan jawa timur, jual gamelan jaranan, jual gamelan jawa tengah, harga gamelan jawa komplit, harga gamelan jogja, harga gamelan jawa dari besi, harga gamelan jathilan, harga gamelan jawa kuningan, harga gamelan jawa bekas, harga gamelan jaranan, harga gamelan jawa lengkap, harga gamelan jawa perunggu, jual gamelan kuningan, jual kendang gamelan, harga gamelan kuningan, harga gamelan kuda lumping, harga gamelan komplit, harga gamelan kuno, harga gamelan kuningan bekas, harga gamelan kendang, jual gamelan kuda lumping, harga kendang gamelan jawa, harga gamelan kuningan 2015, harga gamelan lengkap, harga gamolan lampung, jual gamelan malang, jual gamelan mainan, harga gamelan malaysia, harga gamelan mainan, harga gamelan mini, jual beli alat musik gamelan, jual miniatur gamelan, harga gamelan murah, harga miniatur gamelan, jual alat musik gamelan, jual alat musik gamelan jawa, harga gamelan magetan, gamelan dijual di malang, harga gamelan mainan anak, jual gamelan olx, jual gamelan online, jual perangkat gamelan, harga gamelan perkahwinan, harga gamelan perunggu, harga gamelan perunggu asli, harga gamelan perunggu bekas, harga gamelan pelog slendro, harga gamelan perunggu pelog slendro, harga gamelan perunggu solo, harga gamelan peking, harga gamelan pelok slendro, harga perangkat gamelan jawa, harga peralatan gamelan, harga perangkat gamelan, harga pemukul gamelan, jual gamelan perunggu bekas, jual gamelan ponorogo, jual gamelan pelog slendro, jual gamelan reog, harga gamelan reog, harga gamelan reog ponorogo, harga rancakan gamelan, harga rancak gamelan, jual beli gamelan reog, jual gamelan solo, jual gamelan saron, jual gamelan surabaya, harga gamelan slendro, harga sewa gamelan, harga sewa gamelan pernikahan, harga set gamelan, harga sewa gamelan di jogja, harga gamelan sunda, harga gamelan saron, harga gamelan satu set, harga gamelan salendro, harga gamelan saron perunggu, harga gamelan saron besi, harga gamelan slendro pelog, harga gamelan seperangkat, harga gamelan solo, harga tabuh gamelan, tempat jual gamelan di bandung, tempat jual gamelan, tempat jual gamelan bali, harga gamelan wayang kulit, jual gamelan wayang, jual gamelan dan wayang, harga gamelan wayang, harga gamelan yogyakarta, yang jual gamelan, harga gamelan jawa tengah, harga gamelan jawa besi, pengrajin gamelan jawa barat, pengrajin gamelan di jawa tengah, pengrajin gamelan di jawa timur, pengrajin gamelan jawa timur, daftar harga gamelan jawa tengah, harga gamelan jawa termurah, pengrajin gamelan jawa tengah, jual beli gamelan bali, pengrajin gamelan di bali,

No comments:

Post a Comment

trimakasih saudaraku